WARNING, GREETING.

THIS ISN'T REALLY HAPPENING. YOU'RE DREAMING. PLEASE, WAKE UP. PLEASE. WE NEED YOU NOW. EVERYTHING IS COMING TO AN END. PLEASE WAKE UP. THERE ISN'T MUCH TIME LEFT.

The Witch's House

Yaaa... Hatsucchi di sini... hampir dimensi ini berubah jadi puing-puing sampai akhirnya Yuu-chan posting kemarin ya hahaha sankyuu bro!

Seperti yang dibilang Yuuhei kemarin, semua draft siap terbit dan konsep coret-coret yang kami kumpulkan tanpa sengaja hilang karena error di app... ini bukan pertama kalinya, sih, tapi tetap saja. Kzl(?)

Beruntung, saat saia mengobrak-abrik laptop lama, saia menemukan beberapa arsip bersejarah. Arsip berisi coretan kasar tentang review game yang belum sempat diterbitin di sini. Ha-ha yusss gue survive kali ini LOL (aslinya punya Ha-kun, tapi tak apalah wwww). Kurombak sedikit pinggir-pinggirannya dan... yeaah kusempilkan di sini sahaja ha-ha.

Maa, Hatsucchi yang manis ini minta maaf pada Haru tersayang, karena seenaknya menempel data pribadi (...masa' sih?) dan tanpa izin memakainya untuk menambal kesalahan sepihak yang saia lakukan TIDAK sengaja, ingat, TIDAK sengaja. Udah. Diam. Gak usah fitnah kamu.

Saa tte, I'll drop it here and do whatever you wanna do. It's belongs to Haru, anw. Don't forget it and please don't do anything illegal.

---------------------------------------------------

The Witch's House. Rumah si Penyihir. Judul game bergenre horror buatan Fummy ini sudah booming sejak beberapa tahun lalu. Game berbasis RPG Maker VX ini mengusung dasar kumpulan puzzle dan riddle. Game ini diterjemahkan oleh vgperson dan dapat di download secara gratis di blognya.

Pictures credit to Mike Inel. ;)

Kamu menjalankan peran sebagai Viola, gadis blonde yang terbangun di atas flower bed di tengah hutan. Sepotong surat di sakumu, memberi peringatan agar berhati-hati saat mengunjungi rumah teman. Berjalan beberapa langkah, kau melihat mansion megah yang misterius di hadapanmu. Seekor kucing hitam memperingatkanmu tentang rumah itu, sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk masuk dan mencari tahu latar belakang, juga cara keluar dari rumah itu.

Seperti review saia yang lainnya, game ini mendapat rate T+ alias 17+ (harusnya 18+, sih)... Alasan? Yeah... tahu sendiri fakta bahwa kebanyakan game horror semacam ini mengandung banyak elemen yang "wah" untuk menimbulkan kesan bagi player-nya. Dan di sini, Fummy sangat, sangat bermurah hati sekali, membubuhkan jumpscares hampir di setiap langkah kaki kalian. Bisa dibilang, there is 1001 ways to die. Terinjak, terbakar, tenggelam, tergencet, slashed, eaten alive, poisoned, just mention it. Semua cara mati, ada di sini, dan semuanya (extremely) sadis. Untuk orang yang tidak sabaran (pemula, biasanya) mungkin akan membanting perangkat mereka hanya dalam 5 menit bermain. Seriusan, karena salah langkah sedikit saja, kamu bisa mati hanya dalam waktu 5-10 detik bermain.

Untuk ukuran game horror greget, gameplay dari permainan ini sebenarnya cukup singkat, Tapi karena saya agak sedikit begog, akhirnya saya menghabiskan berjam-jam mati-bangun-mati lagi sampai akhirnya mendapat salah satu dari 3 ending yang tersedia. Puzzle yang ada di sini cukup challenging, semakin sulit dan semakin rumit tingkatannya tiap memasuki tahap baru. Di samping latar belakang cerita, sepertinya game ini lebih memfokuskan pada pemecahan misteri dan penyelesaian teka-teki, memastikan bahwa kau sudah memeriksa dan mendapat setiap clue yang ada.

Untuk grafiknya, kurasa sudah cukup baik, sprites original dan detail, spooky spot, juga hawa mencekam yang terasa. Bukan efek audio yang mendebarkan atau crappy art yang menimbulkan kesan seram, namun suasana yang digambarkannya dengan apik yang menjadi nilai tambahnya. Fummy lebih mengedepankan event-event mengejutkan dan tak terjelaskan, juga beberapa event kejar-kejaran yang cukup sulit. Jejak kaki berdarah yang tiba-tiba muncul di dinding, suara tulang belulang yang remuk terinjak-injak, sederhana namun mengena. Ketegangan karena ancaman kematian tragis membayangi kapanpun, cukup membuatku tak berkedip dan menahan napas. Kau tidak akan menyangka bahwa bahaya akan datang ketika kamu merasa aman, merasa baru saja lepas dari maut. Dan ketika kamu menghela napas lega—CRAT! Wasted. That kind of things successfully made me insane.




Keseluruhan, game ini sangat apik dan jenius. Melihat banyaknya hal-hal absurd yang ada, developer tampaknya memang membuatnya dengan niat murni untuk menakut-nakuti. Unsur menakuti itu lebih didukung dengan atmosfir yang hening dan mencekam, daripada scene "AWAS ADA TENGKORAK DI BELAKANGMU!" atau semacamnya yang lebih membuatmu terganggu daripada ketakutan. Scary and fun, you can find both in here.

______________



Title: The Witch's House
Developer: Fummy
Engine: RPG Maker VX
Genre: Horror, Puzzle, Adventure
Rate: 17+
Download: vgperson

Intip Sekalian!

Hari Pertama Sekolah

Mad Father