WARNING, GREETING.

THIS ISN'T REALLY HAPPENING. YOU'RE DREAMING. PLEASE, WAKE UP. PLEASE. WE NEED YOU NOW. EVERYTHING IS COMING TO AN END. PLEASE WAKE UP. THERE ISN'T MUCH TIME LEFT.

Pocket Mirror [+ Greetings]

[Intro] Um, yeah... Halo, pal. Lama sekali saia tidak up sesuatu... Sudah satu bulan waks—
Oke jadi kami sibuk IRL, Haru sedang nyari kampus sementara Hatsucchi menghapus isi draft dengan tidak sengaja untuk yang kesekian kalinya. Hilang sudah semua cerita dan kami harus mulai dari awal lagi. Kampret ya? Memang.

Juga... Kemarin adalah save point kami, huray *claps*claps* selamat untuk Ha-kun sudah menginjak level 18, legal untuk rating-nya, sementara Hatsucchi turun ke level 10. Lupakan saja, dia sinting.

Baik... Sebagai permintaan maaf, aku akan memberi sebuah cerita, sedikit NSFW (atau NSFL tepatnya) dan sebuah review game yang setelah 3 tahun akhirnya proyek terselesaikan. Seperti biasa, game ini berbasis RPG Maker yang menjadi favorit saia hu-hum~


Yap, kita mulai bahas game, seperti yang tertera di atas, judulnya Pocket Mirror buatan tim AstralShift. Game ini udah aku mainkan sejak demonya keluar 2014 lalu, dan kurasa cukup menjanjikan jadi aku berani (baca: maso) menunggu, berharap mereka sukses menyelesaikan project ini karena banyak developer freelance begini yang menghiatuskan project-nya di tengah jalan. 'Kan ngeselin ya. Tapi akhirnya, waktu aku lihat countdown jalan H-6, rasanya mau, “AAAAH YA ALLAH MEREKA SELESAI AMEGAWD PROJECT-NYA KELAAAAAAR SETELAH SEKIAN LAMA UWAAAH GRAZIE OTSUKARESAMA DESHITAAAAA-----"

Aku cek semua komentar dan review. Cukup mengesankan. Langsung saja gue hajar itu tombol download setelah seminggu menunggu. Gak peduli pakai paketan meski ukuran file cukup gede (1.80 Gb man!) karena sudah kebelet sekali. Pokoknya saya sayang sama proyek ini.

"Mirror, mirror on the wall... who is the most awesome creature in this world?"

Untuk summary... Sayangnya AstralShift gak ngasih sinopsis cerita, jadi kita harus muter-muter dulu sebelum paham ini maksudnya apa. Singkatnya, nanti kamu akan berperan sebagai heroine tanpa nama yang kehilangan ingatan. Dia tiba-tiba terbangun di tempat misterius dengan sebuah cermin saku, yeah the pocket mirror di tangannya, lalu begini dan begitu. Tugasmu adalah untuk mencari tahu tentang heroine dan apa yang terjadi dengan sekitarnya.

Kenapa dari demonya aku sudah mau menunggu? Well, yeah... Mungkin karena grafis mereka cukup bagus, mereka banyak membawa unsur original di project ini, seperti karakter anime style, sprite, ilustrasi, juga musik latar. Bahkan mereka mengisi suara para karakternya. Tapi, teka-teki mereka yang mengharuskan kita mengecek setiap tempat beberapa kali agak sedikit menyebalkan bagi yang tidak paham. “Ini harusnya diapain? Setelah ini ngapain? Kurang apa lagi ini?" dan semacamnya. Biasakan dirimu.

Ato wa... Di sini mereka juga sedikit banyak memberi tantangan yang agak tricky, namun hint-nya kurang ngena. Seperti ketika—spoiler—dikejar pengawal Ratu Egliette juga ketika berada di mirror maze. Kita benar-benar kudu teliti dan berpikir luas. But! I love their works so far and the mini shows! Mereka memakai format .ogv untuk video mereka and it's bloody awesome! Mereka benar-benar mengedepankan originalitas dalam proyek mereka. Bravo.

Untuk jalan ceritanya, mereka terinspirasi dari Ib dan The Witch's House. Mereka menggabungkan beberapa event riddle dan permainan kecil yang harus diselesaikan untuk bisa melanjutkan perjalanan sampai ending. Gore scenes dan jumpscares pun banyak bertaburan dan kerasa tegangnya, juga beberapa kali ada kejar-kejaran dan efek optik yang sedikit membuat mata cenut-cenut.

Oke, satu hal yang perlu dinotis adalah, mereka memasarkannya secara GRATIS. Untuk pekerjaan yang menakjubkan dan penuh kerja keras seperti itu, jika mereka menjadikannya commercial alias berbayar pun pasti layak beli dan banyak peminatnya. Sepertinya tujuan mereka murni untuk bersenang-senang. Salut.

Baik... Sepertinya cukup segini saja. Jika kalian pecinta karakter 2D, bolehlah main. Ada 5 karakter yang menarik perhatianmu, dari heroine yang manis dan baik hati, si Princess Loli yang imut dan selfish, Onee-sama yang dewasa dan perhatian, si Blonde yandere, dan si sado shota. Kali aja para wibu mencari waifu baru... (笑)

Title: Pocket Mirror
Developer: Astral Shift/Pocket Mirror Team
Engine: RPG Maker VX Ace
Genre: Horror, Adventure, Mistery, Puzzle
Rating: 17+
Download: rpgmaker.net, Tumblr

Intip Sekalian!

Hari Pertama Sekolah

Mad Father